Ada Berapa, ya Jumlah Pulau di Indonesia?

Semua orang tahu bahwa Indonesia negara kepulauan. Gugusan pulaunya terbentang dari Sabang sampai Merauke dan tersebar di 34 provinsi. Namun, saat ditanya soal berapa jumlahnya, ternyata masih banyak yang belum tahu.

Masyarakat rata-rata hanya menyebutkan pulau berdasarkan provinsi, yakni Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan. Padahal sebenarnya, jumlahnya mencapai ribuan dan nama-namanya memang hanya sedikit yang familiar, di antaranya Pulau Ansus di Papua, Pulau Antara di Sulawesi, dan Pulau Anyar di Kalimantan. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas data terbaru jumlah pulau di Indonesia.

Jumlah Pulau di Indonesia Tahun 2019

jumlah pulau di indonesia

Oleh: https://learniseasy.com/

Seiring dengan proses verifikasi, jumlah pulau di Indonesia terus mengalami perubahan. Tak heran apabila masih banyak yang saling memperdebatkan atau salah menyebutkan. Di mulai pada tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaporkan bahwa Indonesia memiliki 6.127 pulau. Selanjutnya, angka tersebut bertambah setelah Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) melakukan penelitian. Dalam laporannya, disebutkan Indonesia memiliki 17.503 pulau. Tidak berhenti di angka itu, pada tahun 2002, kajian citra satelit oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) data menjadi 18.306 pulau. Selang dua tahun kemudian, Departemen Dalam Negeri  berdasarkan laporan gubernur dan bupati/wali kota menyatakan ada 7.870 pulau bernama dan 9.634 pulau tidak bernama, sehingga totalnya berjumlah 17.504 pulau.

 

Tahun

Nama LembagaJumlah Pulau
1972LIPI6.127
Pussurta ABRI17.503
2002Bakosurtanal18.306
2004Departemen Dalam Negeri17.504
2018Departemen Dalam Negeri16.056

 Tabel 1. Jumlah Pulau di Indonesia

Lantas, berapa jumlah sebenarnya pulau di Indonesia? Jawabannya adalah pada tahun 2018 Kementerian Dalam Negeri telah melaporkan 16.056 pulau bernama ke PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Perlu diketahui, setiap tahun PBB menyelenggarakan pertemuan untuk membahas temuan baru dan kondisi pulau-pulau negara anggotanya. Aspek yang dibicarakan adalah pulau apa saja yang telah bernama dan letak garis koordinatnya. Dari sini dapat disimpulkan, data yang dikeluarkan PBB adalah valid. Kendati demikian, pemerintah melalui Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi akan terus menverifikasi pulau-pulau belum bernama.

Wilayah dengan Pulau Paling Banyak

jumlah pulau di indonesia

Oleh: www.riauonline.co.id

Di antara 16.056 pulau terdaftar di PBB, kira-kira wilayah manakah paling memiliki pulau terbanyak? Ternyata, provinsi dengan pulau terbanyak adalah Kepulauan Riau, yakni 2.408 pulau. Kemudian di posisi selanjutnya, Provinsi Papua Barat sebanyak 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku sebanyak 1.399 pulau, dan disusul oleh Nusa Tenggara Timur sebanyak 1.192 pulau. Apabila jumlah dari kelima pulau ditotalkan, maka pulau-pulau tersebut telah menyumbang sebesar 70,5 persen dari keseluruhan jumlah pulau di Indonesia.

ProvinsiJumlah Pulau
Kepulauan Riau

2.408

Papua Barat1.917
Maluku Utara1.525
Maluku1.399
Nusa Tenggara Timur1.192

Tabel 2. Wilayah dengan Pulau Paling Banyak

Wilayah dengan Pulau Paling Sedikit

jumlah pulau di indonesia

Oleh: https://pesona.travel/

Setelah mengetahui provinsi dengan pulau terbanyak, kira-kira manakah provinsi yang pulaunya sedikit? Berdasarkan informasi Kementerian Dalam Negeri, Jambi adalah provinsi dengan pulau paling sedikit, yakni hanya memiliki 19 pulau. Di urutan kedua Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 23 pulau. Selanjutnya, Kalimantan Tengah 32 pulau, Bengkulu dengan 47 pulau, dan Sumatera Utara dengan 53 pulau.

 

ProvinsiJumlah Pulau
Jambi19
Yogyakarta23
Kalimantan Tengah32
Bengkulu47
Sumatera Utara53

Tabel 3. Wilayah dengan Pulau Paling Sedikit

 Jumlah Pulau Terkecil dan Terluar

jumlah pulau di indonesia

Oleh: https://koreri.com/

Dari puluhan ribu pulau yang ada, tidak hanya pulau besar yang ada di Indonesia, tetapi juga banyak yang berukuran kecil dan berada di wilayah terluar dari Indonesia. Pulau terkecil dan terluar tersebut kebanyakan berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah 20 pulau. Menariknya, dari jumlah tersebut hanya satu yang dihuni oleh manusia, sementara 19 lainnya merupakan pulau kosong.

 

Tak hanya di Riau, Provinsi Maluku juga memiliki 17 pulau kecil terluar. Sebelas pulau telah menjadi pemukiman dan sisanya masih kosong. Selanjutnya, ada Sulawesi Utara dengan 11 pulau kecil terluar. Jumlah pulau yang berpenghuni sebanyak 7 pulau, sedangkan 4 pulau lainnya masih kosong. Ada pula 9 pulau kecil terluar yang terletak di Provinsi Papua, 5 pulau sudah dijamah manusia dan 4 pulau masih liar atau kosong. Dengan begitu, secara keseluruhan jumlah pulau terkecil sekaligus terluar di Indonesia ada sebanyak 57 pulau.

 

ProvinsiJumlah Pulau
Kepulauan Riau20
Maluku17
Sulawesi Utara11
Papua9

Tabel 4. Jumlah Pulau Terkecil dan Terluar

 

Pulau dengan Penduduk Terbanyak

jumlah pulau di indonesia

Gambar oleh iqbal nuril anwar dari Pixabay

Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data Worldometers mencapai 269 juta jiwa atau 3,94% dari total populasi manusia seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui sejak lama, Jawa merupakan pulau yang paling padat penduduk. Jumlah angka kependudukannya pada tahun 2019-2045 diproyeksikanakan terus bertambah hingga 150,4 juta jiwa. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terus meningkat sebab pulau seluas 128.300 kmini menjadi pusat perekonomian, pendidikan, pembangunan.

 

Pulau dengan penduduk terbanyak di posisi kedua adalah Sumatera, yakni 55 juta jiwa. Kemudian menyusul pulau Kalimantan sebagai posisi ketiga dengan jumlah penduduk sebanyak 19 juta jiwa.

Pulau dengan Penduduk Tersedikit

jumlah pulau di indonesia

Oleh: https://papuabaratprov.go.id/

Penyebaran penduduk di Indonesia hingga saat ini belum merata. Hal ini dapat dibuktikan dengan jauhnya perbandingan antara populasi pulau dengan penduduk terpadat dengan penduduk yang memiliki populasi sedikit. Papua Barat yang hanya dihuni oleh 950 juta jiwa. Disusul Gorontalo dengan 1,2 juta jiwa, Maluku Utara 1.3 juta jiwa, Sulawesi Barat 1.4 juta jiwa, dan Bangka Belitung 1,5 juta jiwa.

 

ProvinsiJumlah Penduduk
Papua Barat950.000
Gorontalo1.200.000
Maluku Utara1.300.000
Sulawesi Barat1.400.000
Bangka Belitung1.500.000

Tabel 5. Pulau dengan Penduduk Tersedikit

 

Demikian informasi terbaru seputar jumlah pulau yang ada di Indonesia. Selanjutnya tak hanya sekadar ingin tahu, kita juga harus berpartisipasi untuk menjaga kelestariannya. Sebagaimana telah kita semua ketahui, beberapa tahun terakhir terjadi kebakaran hutan yang secara otomatis turut mempengaruhi eksistensi sebuah pulau. Ya, ini bukan hanya tugas pemerintah, melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai tanda bukti cinta tanah air. Mulai dari cara sederhana, seperti kampanye melindungi flora dan fauna, tidak melakukan pembalakan liar(illegal logging), dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply