Cara Menjadi Penulis Untuk Pemula

penulis handal

Menjadi penulis yang profesional dan handal membutuhkan suatu proses dan latihan. Cara menjadi penulis pemula dapat Anda pelajari mulai dari sekarang. Pada dasarnya, seseorang yang ingin mahir dalam menulis sudah memiliki bakat ataupun sesuatu hal yang mendasari keinginannya untuk menjadi penulis.

Bagi Anda yang masih bingung ingin jadi penulis, tapi tidak tahu mau menulis tentang apa dan untuk siapa, Anda bisa mempelajari cara menjadi penulis bagi pemula berikut ini. Namun ingat, akan ada proses yang dapat mematangkan tulisan Anda. Menjadi penulis ada harganya juga lho. Jika Anda sudah profesional, maka bukan tidak mungkin gaji yang akan Anda dapatkan juga melimpah.

10 Tips dan Cara Menjadi Penulis untuk Pemula

Tanpa menjadi seorang penulis pemula, maka Anda tidak akan menjadi seorang penulis yang luar biasa. Langsung saja, inilah tips dan cara menjadi penulis bagi seorang yang masih pemula.

1. Tentukan genre yang ingin Anda tulis

Cara menjadi penulis, langkah pertama adalah menentukan genre yang ingin Anda tulis. Apakah Anda ingin menulis cerpen, puisi, novel, artikel, atau tulisan bebas lainnya yang menginspirasi dan kreatif? Tentukan pula apakah yang ingin Anda tulis tersebut masuk dalam kategori fiksi, misteri, nonfiksi, komedi, romantic, sedih, rohani, dan lain-lain. Pikirkan bacaan apa yang menurut Anda paling menarik. Jika Anda belum menentukan hal ini, maka selamanya Anda akan merasa kebingungan. Pastikan Anda telah menentukannya terlebih dahulu sebelum berlatih menulis.

2. Berlatih menulis

Ketika Anda telah menentukan jenis tulisan apa yang ingin Anda tulis, maka kini saatnya bagi Anda untuk belajar menulis. Belajar dan berlatih menulis adalah cara menjadi penulis paling praktis yang harus dilakukan. Tanpa melakukan latihan, Anda tidak akan pandai dalam hal apapun. Seorang atlet lari saja harus berlatih lari untuk memenangkan suatu pertandingan. Jika Anda ingin segera mahir dalam bidang menulis, maka Anda harus berlatih dengan lebih giat lagi.

3. Tentukan waktu untuk menulis

Menulis memang membutuhkan mood yang baik. Tanpa mood yang baik, akan susah untuk menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk menulis. Dalam satu hari, luangkan 1 jam hingga 2 jam di sela-sela kegiatan untuk berlatih menulis. Nantinya, hal ini akan membuat Anda terbiasa untuk menjadi seorang penulis yang profesional.

4. Cintai dan nikmati setiap prosesnya

Kemudian, cara menjadi penulis yang handal adalah dengan selalu mencintai dan menikmati proses yang harus Anda jalani.  Proses menjadi seorang penulis tidaklah secepat ketika Anda memasak mie instan. Nikmatilah prosesnya dan jangan sampai Anda merasa berat dan terbebani ketika ingin menulis. Tanamkan dalam benak Anda, “saya harus menulis”. Berpikirlah bahwa Anda selalu menikmati proses menulis yang Anda jalani. Jika semua itu sudah tertanam di pikiran Anda, maka Anda akan lebih menikmati setiap proses yang Anda jalani.

5. Lakukan eksperimen

Menjadi seorang penulis layaknya menjadi seorang chef. Anda bisa berkreasi dan bereksperimen untuk mendapatkan tulisan yang terbaik. Mungkin saja, Anda memang lebih suka untuk menulis cerita fiksi. Tetapi, hal  ini tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa menulis di bidang lainnya. Jadi, jangan terlalu fokus  pada salah satu genre saja. Anda bisa melakukan eksperimen untuk menuliskan ragam genre lain demi mengasah kemampuan yang Anda miliki. Siapa tahu Anda memang berbakat dalam genre tulisan baru yang sedang dicoba. Dengan melakukan eksperimen, kemampuan menulis Anda akan lebih meningkat.

6. Membaca

Membaca adalah kunci utama untuk menjadi penulis yang berbakat dan profesional. Tanpa membaca, bagaimana Anda akan bisa mendapatkan sumber informasi? Kini, Anda bisa mendapatkan sumber tulisan dengan sangat mudah. Anda bisa menemukannya di internet, koran, majalah, bahkan berita di televisi. Semua itu dapat menjadi sumber yang berharga untuk Anda. Terlebih lagi untuk Anda yang senang untuk menulis informasi yang paling update. Maka Anda benar-benar harus rajin dalam mencari sumber agar tulisan Anda bisa lebih menarik lagi.

7. Minta teman untuk membaca

Kritikan terkadang terasa pedas dan membuat Anda merasa sakit, namun tanpa kritikan, tulisanmu tidak akan terbangun dengan baik. Untuk mendapatkan informasi seberapa menarik tulisan yang telah Anda buat, maka mintalah teman Anda untuk membaca tulisan Anda. Mintalah saran dari teman dan jangan pernah sebal dengan komentar yang negatif, ya! Justru hal tersebut akan lebih membangun tulisan yang Anda buat. Anda menjadi memiliki saran tentang apa yang harus diperbaiki dan tulisan pun akan menjadi lebih baik nantinya.

8. Carilah guru atau mentor

Terkadang, Anda mungkin akan merasa bingung untuk berbagi pengalaman ketika melakukan proses menulis. Tidak ada salahnya Anda berkenalan dengan penulis lain. Dari penulis lain yang lebih senior, Anda bisa menimba ilmu. Kini sudah banyak penulis yang profesional memperkenalkan diri mereka di berbagai media sosial. Tidak ada salahnya jika Anda meminta pertemanan. Anda bisa mengamati apa saja yang diunggah oleh penulis profesional tersebut. Anda bisa meniru gaya mereka dalam menuliskan sesuatu. Ingat, bukan meniru dalam arti plagiat, namun meniru gayanya saja yang Anda anggap sesuatu yang baru. Anda juga bisa ajak mereka mengobrol. Tidak sedikit penulis profesional yang justru merasa senang ketika ada yang menanyakan sesuatu kepada mereka. Bahkan, banyak pula penulis profesional yang membuka kursus menulis bagi mereka yang masih pemula atau masih belajar.

9. Cobalah kirim ke media

Anda juga bisa mencoba untuk mengirimkan tulisan ke sebuah media cetak. Kini, banyak sekali media cetak seperti majalah, koran, bahkan majalah elektronik yang akan menampung beragam tulisan kreatif. Jika Anda berhasil, maka nama Anda pasti akan tertulis di media tersebut. Bukankah hal itu sangat menyenangkan? Belum lagi, nantinya Anda akan mendapatkan bayaran dari tulisan tersebut. Itu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda. Dengan demikian, semangat Anda dalam menulis akan menjadi lebih membara lagi. Sesekali, Anda bisa mengikuti lomba atau kontes menulis. Jadi, kemampuan Anda dalam hal menulis akan menjadi lebih terasah lagi.

10. Jangan menyerah

Nah, cara menjadi penulis yang terakhir adalah jangan pernah menyerah. Ini adalah kunci bagi kesuksesan Anda. Jika karya Anda ternyata tidak dimuat dalam majalah yang Anda kirimkan, coba dan terus coba lagi. Hal tersebut tidak selalu merupakan pertanda bahwa tulisan Anda jelek. Mungkin saja tema yang diangkat tidak sesuai dengan tema yang ditentukan media tersebut. Atau, bisa saja konten tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Intinya, dalam menulis itu tidak ada suatu aturan yang pasti. Jika Anda ingin tulisan milik Anda dibaca oleh banyak orang, maka cobalah untuk mempelajari tata bahasa yang mudah dibaca dan dimengerti oleh orang lain. Banyaklah membaca tips dan cara menjadi penulis di internet atau bahkan di buku-buku.

https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Artikel_pertama_Anda

Semakin banyak membaca, semakin banyak informasi yang dapat Anda terima. Maka, cara menjadi penulis yang paling tepat adalah banyak membaca dan berlatih. Semangat!

Leave a Reply