Bunga Lili Ternyata Sudah Dikenal dari Zaman Yunani Kuno, Lho!

Apakah kalian pencinta bunga? Jika iya, kalian pasti tahu bunga  lili, bukan? Bunga ini merupakan bunga musim panas yang memiliki nama latin, lilium. Lilium sendiri adalah salah satu genus liliaceae.  Jika, mendengar nama bunga lili, kebanyakan orang akan membayangkan bunga seperti terompet dengan warna putih dengan putik yang tumbuh seperti korek api di tengahnya, dengan daun hijau terang yang ditopang oleh tangkai ramping memanjang. Oleh karena itu, lili memiliki pesona keindahan yang dikagumi banyak orang. Walaupun identik dengan warna putih, ternyata bunga ini memiliki warna lain juga, lho, yaitu warna merah, oranye, dan kuning yang tidak kalah indahnya. Yuk, cari tahu keunikan apa saja yang dimiliki olehnya.

Keunikan Bunga Lili

1. Sudah Dikenal Sejak Zaman Yunani Kuno

bunga lili

Gambar oleh Scottslm dari Pixabay

Bunga bergenus liliaceae ini sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Dalam mitologi Yunani, bunga lili berasal dari air susu dewi Hera yang menetes saat menyusui Hercules.

Bunga lili juga merupakan simbol kebajikan, kesucian dan keindahan. Bahkan dipercaya sebagai pelindung pernikahan bangsa Yunani. Oleh karena itu, dalam ritual pernikahan bunga lili ini diletakkan di atas kepala pengantin. Di sisi lain, bunga lili juga dijadikan simbol kematian murni, bunga lili akan diletakkan di makam seorang bayi atau anak yang belum berdosa.

2. Sebagai Obat

bunga lili

Gambar oleh zoosnow dari Pixabay

Siapa sangka bila bunga cantik ini, dapat mengobati penyakit juga, lho! Bunga lili berkhasiat mengobati demam, mengurangi nyeri, dan akarnya dapat menyembuhkan luka.

3. Tumbuh di Iklim Sedang

bunga lili

Oleh: www.nihaoindo.com

Ada lebih dari tiga ribu genus liliceae dan kebanyakan berasal dari kawasan Eropa utara, Jepang dan Amerika Utara yang memiliki iklim sedang. Beberapa genus liliceae lainnya juga dapat ditemukan di benua Asia. Biasanya, bunga lili hidup di habitat yang memiliki kadar asam seimbang agar dapat tumbuh secara maksimal.

4. Simbol Orang yang Lahir di Bulan Mei

bunga lili

Oleh: www.asmaraku.com

Bunga lili dijadikan simbol untuk orang yang lahir pada bulan Mei, lho! Mengapa demikian? Itu karena bunga lili biasa bermekaran pada bulan Mei.

5. Makna Warna Bunga Lili

bunga lili

Oleh: www.dekoruma.com

Warna bunga lili memiliki makna tersendiri, lho! Bunga lili putih mengandung makna ketulusan, kemuliaan, persahabatan, kesimpatikan, dan kehidupan baru. Lili berwarna merah memiliki makna kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah. Sementara, lili berwarna kuning memiliki makna kebahagiaan dan persahabatan. Berbeda dengan tiga warna sebelumnya, lili berwarna oranye bermakna negatif seperti kebencian, penghinaan, dan kebohongan walaupun  makna warna oranye sebenarnya adalah rasa optimis, memberi semangat, dan rasa percaya diri yang tinggi.

 

6. Berkembang dengan Umbi Lapis

bunga lili

Oleh: www.popbela.com

Bunga lili merupakan tanaman herba yang masuk ke dalam tanaman berumbi lapis sehingga proses berkembang biaknya dengan menanamkan umbi lapis tersebut.

7. Lili sebagai Tanaman Hias

bunga lili

Oleh: https://kawaiibeautyjapan.com/

Banyak sekali orang yang tertarik membeli bunga lili atau menanamnya sebagai tanaman hias. Bunga yang cantik ini akan cocok sebagai penghias pekarangan rumah, acara pesta, pernikahan, upacara keagamaan, pertemuan, dan sebagainya.

8. Lambang Pramuka

bunga lili

Gambar oleh JacLou DL dari Pixabay

Bagi kalian yang sedang atau pernah ikut gerakan Pramuka, pasti tahu kalau bunga lili merupakan salah satu lambang pengenal Pramuka. Lambang ini biasanya ditempelkan pada baju pramuka dengan dasar lambang warna ungu dan bunga berwarna putih. Maknanya agar para anggota Pramuka terus berbuat baik dan memegang kepercayaan layaknya kompas yang selalu menunjukkan jalan ke arah yang baik dan benar.

 

Ternyata warna ungu dan putih dalam lambang Pramuka ini juga memiliki makna tersendiri. Putih memiliki makna kesucian sedangkan ungu bermakna kepemimpinan dan penolong. Dengan adanya makna tersebut, tak heran bila bunga lili dipakai sebagai salah satu lambang pengenal Pramuka hingga saat ini.

 

9. Memiliki Racun yang Mematikan

bunga lili

Oleh: https://life.trubus.id/

Siapa yang mengira, bunga lili juga memiliki kandungan racun di dalamnya? Dari banyaknya jenis bunga lili yang ada,  valley lily menjadi jenis bunga lili yang paling beracun. Ciri-ciri bila terkena racun dari bunga lili merasa mual, mengalami disfungsi jantung, gagal ginjal, dan hal yang paling fatal yaitu kematian. Oleh karena itu, jangan sampai mengonsumsi bunga lili secara berlebihan walaupun terkandung obat di dalamnya.

 

Wah, ternyata ada banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh bunga lili. Semoga beberapa informasi di atas dapat menambah pengetahuan kalian tentang bunga lili, ya!

Leave a Reply