7 Penerbit Buku Anak yang Paling Terkenal di Dunia

Mengajari anak sejak usia dini untuk rajin membaca banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah memperkaya wawasan. Anak yang telah menyukai dunia membaca sejak dini akan tumbuh lebih cemerlang dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang kurang suka membaca buku. Berikut ini terdapat daftar list penerbit buku anak yang paling populer di dunia. Anda bisa menjadikannya referensi dalam memilihkan buku bacaan untuk anak-anak, agar kelak menjadi manusia yang cerdas dan berwawasan luas.

Deretan 7 Penerbit Buku Anak yang Paling Populer di Dunia

1. Simon and Schuster

penerbit

Simon and Schuster merupakan salah satu penerbit buku anak paling populer di dunia. Penerbitan ini merupakan lini penerbitan perusahaan media CBS Corporation yang menawarkan penerbitan buku untuk berbagai kalangan dan jenis, seperti penerbitan buku anak-anak, penerbitan buku dewasa, buku audio dan bahkan buku digital.

Divisi dan lini penerbitan ini mencakup Pocket Books, Threshold Editions and Touchstone, Atheneum, Aladdin, Beach Lane Books, Atria, Free Pass, Howard Books, Folger Shakespeare Library, Scribner, Little Simon, Margaret K. McElderry Books, Paula Wiseman Books, Simon Spotlight dan Simon & Schuster.

Atheneum Books adalah salah satu anak perusahaan Simon and Scuster yang bertanggung jawab untuk menerbitkan buku-buku untuk anak-anak, seperti buku bergambar dan buku sastra untuk anak-anak. Cynthia Voigt dan Judy Blume merupakan salah dua dari penulis andalan penerbit buku anak ini.

Pada umumnya, Simon and Schuster tidak menerima pengiriman naskah yang tidak diminta. Jadi perusahaan ini akan menggunakan agen sastra terbaik dan juga rekomendasi dari anak perusahaannya. Melalui Atheneum Books juga, perusahaan penerbitan ini menawarkan paket-paket penerbitan penulis.

2. Dutton Children’s Books

cara menjadi penulis

Dutton Children’s Books merupakan salah satu penerbit tertua yang masih terus beroperasi hingga saat ini. Penerbit ini selalu konsekuen dalam menelurkan buku-buku baru yang segar sekaligus menghibur bagi anak-anak dan pembaca muda. Salah satu karya Dutton Children’s book paling legendaris adalah serial Winnie-the-Pooh dan Times Magazine Best Book 2012, The Fault in Out Starts.

Dutton Children’s Books sangat ketat dalam menyeleksi setiap naskah yang hendak diterbitkan. Per tahunnya, penerbit buku anak ini tidak begitu mengejar jumlah. Hanya sekitar 10 hingga 12, tapi dengan syarat kualitas buku tersebut harus tinggi dan terbaik. Untuk pengajuan naskah ke Dutton harus melalui agen sastra, kemudian diseleksi.

3. HarperCollins

cara menulis novel

Salah satu penerbit buku anak-anak berkelas internasional HarperCollins didirikan di Kota New York pada tahun 1817. Awalnya penerbitan yang diprakarsai oleh dua bersaudara James dan John Harper ini bernama J. and J. Harper, kemudian mengalami perubahan nama dari mulai Harper & Brothers menjadi Harper & Row. Namun pada tahun 1987, perusahaan NewsCorps mengakuisinya. Pada tahun 1990, NewsCorp membentuk grup penerbit buku di seluruh dunia setelah mengakuisisi penerbit Inggris, William Collins& Sons.

Penerbit HarperCollins memiliki beberapa lini, diantaranya adalah HarperCollinsChildrens, yang secara khusus diperuntukkan bagi anak-anak berusia 0-12 tahun. Selain itu, ada pula HarperChildren’s Audio, HerperTeen, dan lainnya. Penulis buku yang bekerja sama dengan HarperCollins sering memenangkan ajang penghargaan. Misalnya Goodnight Moon dan The Runaway Bunny yang mengantongi penghargaan Medali Newbery.

Selain itu, tidak sedikit pula para penulis tersebut yang sangat dicintai oleh publik, karena kepiawaiannya dalam menulis buku, seperti Beverly Cleary dan Jamie Lee Curtis. Penerbit ini tidak menerima kiriman naskah. Karya-karya yang layak diterbitkan oleh perusahaan ini adalah karya dari penulis yang telah dipesan atau memiliki hubungan kerjasama.

4. Scolastic

cara menulis novel

Scolastic termasuk salah satu penerbit buku anak-anak terbesar di dunia. Selain bergerak di bidang penerbitan, Scolastic juga terkenal sebagai distributor untuk buku-buku dalam target market yang sama, yaitu anak-anak. Namun cara pemasaran Scolastic berbeda dari penerbit-penerbit buku lainnya. Scolastic memiliki trik jitu dalam memasarkan buku-bukunya dengan cara yang tidak dilakukan oleh penerbit lain, yaitu dengan datang ke sekolah-sekolah dan menawarkan pameran buku dan klub membaca buku-buku pendidikan.

Scolastic memiliki katalog besar. Beberapa penulis yang terkenal dari penerbit buku anak-anak ini adalah Stand and Jan Berenstain, Maurice Sendak, dan Joseph Bruschac. Setiap tahunnya, Scolastic menerbitkan sekitar 80 hingga 100 buku. Tidak hanya unik dari segi pemasaran, Scolastic juga memiliki cara yang cukup berbeda dari penerbit lain dalam urusan penerimaan naskah. Khusus untuk buku professional yang digunakan guru di kelas, penerbit menerima kiriman karya dari penulis yang tidak diminta. Meskipun demikian, hanya karya yang berkualitas tinggi yang lolos dan berhak terbit.

5. Lee and Low Books

nama penerbit buku

Lee and Low Books merupakan penerbit buku anak multicultural terbesar di dunia. Perusahaan ini menawarkan berbagai pilihan bacaan bergambar untuk anak-anak dan remaja. Selain buku bacaan yang bergambar, penerbit buku ini juga memiliki kekhasan tersendiri dengan fokus memproduksi cerita beragam dan kontemporer yang dapat dinikmati oleh semua anak-anak di seluruh dunia.

Banyak penulis yang bekerja sama dengan Lee and Low Books yang mendapatkan penghargaan. Salah satu diantaranya adalah Joseph Buschac sebagai pemenang American Indian Youth Literature Award atas karyanya yang berjudul Killer of Enemies. Selain itu, ada Sharon Bell Mathis dengan bukunya yang berjudul Ray Charles yang memenangkan penghargaan Corrie Scott King Children’s book Author Award.

Tidak banyak buku yang diterbitkan oleh Lee and Low Books per tahunnya, hanya sekitar 10 hingga 12 saja. Namun penerbit ini memiliki sistem terbuka dalam pengajuan naskah. Siapa saja bisa mengirimkan naskah, kemudian hanya yang layak sesuai standar yang akan diproses dan diloloskan.

Baca juga: Cara Menjadi Penulis Untuk Pemula

6. Little Brown

Little Brown telah menjalankan bisnis penerbitan buku untuk anak sejak tahun 1926. Track record perusahaan ini sangat bagus, sehingga sangat dihormati. Setiap tahunnya, perusahaan ini menerbitkan sekitar 135 buku anak-anak. Selain anak-anak, lingkup target market penerbit ini juga meliputi pembaca muda dan dewasa juga. Banyak penulis yang telah bekerja sama dengan Little Brown kemudian mendapatkan medali kemenangan, seperti The Adventures of Beekle: The Unimaginary Friend.

7. Immedium

Immedium adalah penerbit buku anak yang terkenal karena inovasinya. Meskipun tergolong penerbit yang masih muda, karena berdiri pada tahun 20014, namun Immedium telah memenangkan banyak penghargaan. Bahkan setiap tahun, penerbit ini tidak pernah ketinggalan untuk memborong penghargaan. The Adventures of Wonderbaby from A to Z, The Octonauts dan I’m the Scariest Thing in the Jungle adalah beberapa contoh buku anak yang terkenal dan diterbitkan oleh Immedium.

Kantor pusat Immedium berada di San Francisco, Amerika. Selain hadir dalam bentuk buku bacaan untuk anak-anak, Immedium juga merambah ke televisi dengan menciptakan figure aksi untuk anak-anak. Penerbit ini sangat selektif dalam meloloskan naskah yang layak terbit. Hanya yang terjamin keasliannya yang akan lolos. Selain itu, karya yang unik menjadi peluang besar untuk masuk ke sini.

7 penerbit buku anak di atas telah terkenal di seluruh dunia. Karya-karya yang beredar di pasaran memiliki mutu dan kualitas yang tinggi, sehingga cocok digunakan untuk bahan bacaan putra dan putri Anda.

Leave a Reply