Kita Lihat Kecantikan dari Jembatan Siti Nurbaya, Yuk!

Kota Padang terkenal dengan berbagai tempat wisata yang seru yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun interlokal. Seperti Jam Gadang, Danau Maninjau hingga Jembatan Siti Nurbaya.

Ya, Jembatan Siti Nurbaya memang salah satu tempat populer dan ramai didatangi orang. Jembatan ini berada tepat di atas Sungai Batang Arau yang memiliki panjang 156 meter. Agar lebih tahu, ayo simak kisah Jembatan Siti Nurbaya ini!

Legenda Siti Nurbaya

jembatan siti nurbaya
Oleh: https://id.wikipedia.org/

Sesuai dengan namanya, jembatan ini memang terinspirasi dari kisah Siti Nurbaya. Seorang gadis yang dinikahkan secara paksa dengan Datuk Maringgih yang sudah berusia 70 tahunan atas permintaan orang tuanya.

Nah, jembatan ini pun menghubungkan Kota Padang dengan gunung kecil bernama Gunung Padang. Masyarakat setempat percaya di puncak gunung tersebut terdapat makam Siti Nurbaya.

Pada kaki gunung pun terdapat banyak batu nisan. Konon, di dalam kaki gunung tersebut terdapat banyak mayat yang identitasnya tidak diketahui dan mereka sudah terkubur lama di dalam.

Tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya, ada sebuah kota tua yang berisi bangunan tua sejak zaman Belanda. Tidak hanya itu, di kota tua ini juga terdapat kampung China yang masih menjaga rumah adat khas mereka, yaitu rumah berwarna merah serta adanya patung-patung besar.

Taman Siti Nurbaya

jembatan siti nurbaya
Oleh: https://indonesia.travlr.com/

Di sekitar jembatan juga terdapat taman luas dan berada di puncak Gunung Padang. Taman ini diberi nama Taman Siti Nurbaya. Di sinilah kabarnya makam Siti Nurbaya berada.

Selain mempelajari legenda fiksi asal Sumatera Barat ini, di Taman Siti Nurbaya juga terdapat beberapa peninggalan tentara Jepang. Taman ini adalah peninggalan sejak zaman penjajahan karena Gunung Padang adalah tempat pertahanan utama tentara Jepang untuk mengawasi datangnya musuh dari arah barat.

Terlepas dari makam dan peninggalan Jepang, dari taman ini kita dapat melihat hamparan luas kota Padang yang indah dari ketinggian.

Sungai Batang Arau

jembatan siti nurbaya
Oleh: www.cendananews.com

Tak puas melihat pemandangan dari atas gunung, di bawah Jembatan Siti Nurbaya juga terdapat sungai yang saat ini mulai dijadikan wilayah untuk berjalan kaki. Sungai ini pun langsung bermuara ke Pantai Padang.

Diketahui pemerintah Kota Padang sudah membangun wilayah untuk pejalan kaki ini hingga akhir Desember. Pinggiran sungai ini telah dipercantik untuk menarik wisatawan.

Tidak hanya itu, pemerintah Kota Padang juga akan membangun pelabuhan khusus kapal pesiar atau marina. Setiap tahunnya pemerintah ingin mengadakan lomba dayung atau dayung palinggam yang sekaligus dapat dijadikan objek wisata.

Wisata Kuliner di Jembatan Siti Nurbaya

jembatan siti nurbaya
Oleh: www.idntimes.com

Lelah berjalan-jalan di wilayah sekitar jembatan, kalian dapat beristirahat sambil menikmati makanan khas Kota Sambalado ini. Tak perlu jauh-jauh, kalian cukup berjalan di sepanjang Jembatan Siti Nurbaya.

Tapi, umumnya pedagang hanya akan menjajakan dagangannya saat menjelang malam. Di sini, kalian dapat beristirahat sambil menikmati tenggelamnya matahari alias sunset yang sangat indah dilihat dari atas jembatan.

Kuliner yang dijajakan oleh pedagang berupa jajanan ringan, seperti jagung bakar, pisang batu, serta jajanan khas Padang. Pedagang juga menyediakan minuman, baik dingin maupun hangat.

Jangan takut uang saku habis, harga yang ditawarkan pedagang cukup ramah di kantong wisatawan. Kalian dapat menyantapnya sambil menikmati suasana sore yang damai dengan latar belakang matahari terbenam.

Keindahan Malam di Jembatan Siti Nurbaya

jembatan siti nurbaya
Oleh: minangnantigo.com

Sambil menghabiskan kudapan di pinggir jembatan, kalian akan menikmati indahnya Kota Padang di malam hari.

Saat malam, Jembatan Siti Nurbaya diterangi dengan lampu di sepanjang jembatan. Sejauh mata memandang, lampu-lampu yang berasal dari rumah warga akan menambah keindahan yang memukau. Dari jembatan ini pun kalian dapat melihat pantulan cahaya di sungai yang menambah kesan damai.

Bagi kalian yang sangat suka mengabadikan momen, malam hari di Jembatan Siti Nurbaya adalah waktu yang pas untuk berfoto. Terlebih dengan landscape lampu, sungai, dan Gunung Padang.

Jembatan Siti Nurbaya ini memang menjadi tempat ikonik dari Kota Padang, Sumatera Barat yang wajib disambangi dan tentunya akan membuat kalian rindu untuk kembali lagi!

Leave a Reply