Jenis Ikan Hias Yang Cocok Untuk Dipelihara

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang cocok untuk dipelihara di rumah. Mulai dari yang berukuran kecil sampai ukuran besar. Banyak orang tertarik memelihara ikan hias karena bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Bahkan, melihat gerak gerik ikan dengan sisik yang indah bisa menjadi hiburan tersendiri untuk menghilangkan stres akibat rutinitas yang padat. Apakah kamu tertarik memelihara ikan hias di aquarium atau di kolam taman rumah? Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang bisa kamu pilih.

1. Ikan Cupang

ikan hias

Image by Iva Balk from Pixabay

Spesies ikan hias yang satu ini pasti sangat familiar dikalangan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Karena jenis ikan satu ini sangat mudah dijumpai dan terbilang harganya cukup terjangkau bagi semua kalangan. Bahkan ikan ini juga sering dijajakan di sekolah-sekolah.

Ikan cupang merupakan spesies ikan asli dari Asia Tenggara, bentuknya kecil tapi gesit dan lincah, memiliki warna yang sangat beragam dan perawatannya juga mudah. Ikan ini juga sudah berkembang menjadi berbagai jenis yang berbeda, mulai dari jenis halfmoon, cupang fancy, cupang koi, cupang giant, cupang serit dan cupang plakat. Ikan cupang memiliki banyak kelebihan ketimbang ikan jenis lain, sehingga sering menjadi pilihan terbaik bagi pecinta ikan.

2. Ikan Goldfish

ikan hias

Photo by Skitterphoto from Pexels

Ikan yang memiliki nama latin Carassius auratus auratus ini adalah spesies ikan yang pertama kali mampu dikembangbiakkan oleh manusia. Ikan ini awalnya berasal dari Asia Timur, tepatnya Negara Tiongkok. Ada banyak jenis ikan goldfish, seperti ikan mas koki oranda, red cap oranda, mas koki ranchu, mas koki ryukin, mas koki butterfly, koki blackmoor, dan masih banyak lagi. Ikan jenis ini memiliki umur yang relatif panjang yaitu mencapai 7 sampai 10 tahun (10 tahun sampai 15 tahun). Selain itu ikan jenis ini juga mampu tumbuh menjadi besar, bersamaan dengan pertambahan usia dan pertumbahan ukuran, ikan goldfish juga akan berubah warna menjadi sedikit putih.

3. Ikan Louhan

ikan hias

Image by PDPics from Pixabay

Ikan louhan adalah ikan dari hasil persilangan yang mampu menciptakan spesies ikan baru dengan warna cerah, indah dan menarik. Selain itu yang sangat dikenali dari ikan louhan adalah jidatnya menonjol, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Ikan louhan merupakan hasil perkawinan silang dari familia Cichlidae yang menciptakan spesies louhan baru seperti louhan zhen zhu, louhan kamfa dan louhan red texas. Ikan ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias dari tahun 2000 sampai saat ini.

4. Ikan Koi

ikan hias

Photo by Taychin Olarnwichitwong on Unsplash

Meskipun sudah muncul banyak spesies ikan hias yang lebih cantik, tapi jenis ikan koi daya tariknya tidak pernah tersaingi. Dengan warna oren dan putih yang khas, ikan ini mampu memikat pecinta ikan hias dan ikan ini juga dipercaya bisa menghilangkan rasa stress yang melanda. Karena ukurannya yang besar, ikan ini cocok untuk diletakkan di dalam kolam, sehingga akan menambah kecantikan rumah kamu. Kolam ikan koi ini juga bisa menjadi sarana pelepas lelah dengan memberinya pakan. Karena pada saat diberi makan, ikan ini akan berebut dipermukaan air.

5. Ikan Oscar

ikan hias

Photo by Enrique Grisales from Pexels

Ikan Oscar atau juga dikenal dengan nama latin Astronotus ocellatus adalah spesies ikan dari genus familia Cichlidae. Ikan yang berasal dari benua Amerika ini sangat cocok dibudidayakan di dalam aquarium, warna dan coraknya yang sangat menarik ini memiliki daya tarik sendiri untuk mempercantik rumah kamu. Keunikan dari ikan oscar yaitu terletak pada warna dibadannnya yang mirip dengan aksen batik dengan warna kuning agak kemerahan. Ada juga warna lain yaitu warna dasar putih agak kuning sehingga disebut ikan oscar albino. Dalam pembudidayaanya, ikan ini memerlukan perlakuan khusus, jadi tidak heran jika dibanderol dengan harga relatif mahal. Ada beberapa jenis ikan oscar, seperti red tiger oscar, albino tiger oscar, gold oscar, tiger oscar, long fin oscar, dan lain-lain.

6. Ikan Arwana

ikan hias

Image by PDPics from Pixabay

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang sedikit berbeda dengan jenis ikan hias lain. Jika ikan hias lain memiliki perangai yang lembut, tapi ikan yang satu ini merupakan ikan ganas. Namun di situlah letak daya tarik ikan arwana, sehingga banyak diminati pecinta ikan hias.  Jenis ikan ini cocok dipelihara di dalam aquarium dengan berbagai pilihan jenis. Ada jenis ikan arwana super red yang eksotis dengan warna merahnya, ikan arwana golden yang nyentrik dengan warna kuning emasnya, dan ikan arwana silver yang elegan. Cara berkembangbiak telur ini cukup unik, karena telurnya dierami oleh sang jantan. Ikan ini mempunyai daya tahan yang kuat dan mampu bertahan dalam kondisi air yang sering berubah-ubah.

7. Ikan Manfish

ikan hias

Image by Brigitte Werner from Pixabay

Pasti banyak yang belum familiar dengan ikan hias satu ini, ya karena ikan ini sering dikenal dengan sebutan ikan layang-layang. Ikan ini cocok untuk dipelihara di dalam aquarium dengan air tawar. Ikan ini sangat populer karena bentuk lebarnya yang unik dan gerakannya yang tenang. Namun perawatan ikan ini sedikit sulit karena termasuk ikan karnivora, sehingga membutuhkan makanan yang tepat untuk membantu pertumbuhannya. Secara keseluruhan, ikan ini sangat cantik dengan warnanya yang belang dan bentuknya yang melebar ke atas serta mulutnya lancip, seperti bentuk layang-layang atau belah ketupat.

8. Ikan Guppy

ikan hias

https://smartaquariumguide.com/

Bagi kamu pecinta ikan hias, wajib tahu bahwa ikan Guppy merupakan ikan hias paling populer di dunia. Dengan nama latin Poecilia reticulata, meskipun ikan ini kecil tapi memiliki bentuk yang indah dan memesona. Ciri khas dari ikan ini adalah bentuknya yang kecil dan tembus pandang, serta memiliki ekor yang cantik. Dibalik kecantikannya, ikan ini bisa dikatakan ikan yang kejam karena bisa memangsa anaknya sendiri dengan alasan kepadatan habitat. Pasalnya dalam sekali melahirkan, ikan ini mampu menghasilkan seratus bahkan dua ratus ekor ikan guppy baru.

9. Ikan Komet

ikan hias

Image by Hans Braxmeier from Pixabay

Ikan komet adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Karena warnanya yang eksotis dengan paduan warna perak, merah, hitam dan kuning, ikan ini mempunyai daya tarik yang tinggi. Ikan komet merupakan tergolong dalam familia Cyprinidae genus Carassius. Perawatan ikan ini tidaklah susah, selain itu ikan ini mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar sehingga bisa dijadikan satu dengan ikan hias jenis lain.

10. Ikan Lemon

ikan hias

http://langgengpancing.com/

Dari namanya yang lucu mirip dengan nama buah, ikan ini memang memiliki warna kuning terang mirip dengan warna buah lemon. Ikan yang memiliki nama latin Neolamprologous leleupi ini sangat cantik untuk dipelihara di dalam aquarium, karena warnanya yang sangat mencolok dengan perpaduan hitam pada siripnya. Namun ikan ini memiliki sifat agresif, sehingga perlu dipisahkan dengan jenis ikan hias lain. Ikan lemon juga memiliki sifat kanibal yaitu tidak segan memakan ikan lain yang ukurannya lebih kecil.

Di atas merupakan beberapa jenis ikan hias cantik yang cocok untuk menghiasi ruangan di rumah kamu. Selain bisa mempercantik ruangan, ikan hias juga mampu membuat pikiran kamu lebih rileks. Terdapat banyak sekali jenis ikan hias yang dijual dipasaran, namun untuk selera tergantung dari selera masing-masing pada dasarnya semua ikan hias cantik. Yang berbeda hanya terletak pada perawatannya.

Leave a Reply