Currently set to Index
Currently set to Follow

Markisa Bisa Mengurangi Penyakit Asma? Apa Lagi Ya, Manfaat Buah Markisa? Yuk, Cari Tahu!

Kalian tentu sudah sering menjumpai buah markisa bukan? Buah yang dimakan bersama bijinya ini ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya bagus untuk mengurangi penyakit asma. Markisa memiliki beberapa jenis varian, diantaranya adalah markisa kuning dan ungu. Dua varian tersebut adalah varian yang paling sering ditemukan di Indonesia. Nah, selain mampu mengurangi penyakit asma, ternyata buah markisa memiliki segudang manfaat lain yang tak kalah menarik untuk diketahui. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Segudang Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Markisa merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, zinc, hingga selenium. Buah ini juga mengandung vitamin B kompleks dalam takaran yang cukup. Tak hanya kaya akan vitamin, markisa juga rendah kalori sehinga cocok sebagai sajian penunjang diet rendah lemak kalian. Buah markisa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, berikut adalah fakta-fakta mengenai manfaat markisa:

1. Mengurangi Penyakit Asma

Salah satu manfaat paling umum dari buah markisa adalah khasiatnya dalam mengurangi gangguan asma. Pasalnya, dalam markisa terdapat vitamin C yang mampu memblokir histamin sebagai penyebab kambuhnya gejala asma.

2. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes

buah markisa
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Buah Markisa juga mampu menjadi ramuan pencegah diabetes, lho! Semua buah yang memiliki kadar glycemic index rendah namun memiliki kandungan serat tinggi sebenarnya bisa dipakai untuk mencegah penyakit diabetes. Satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam buah markisa membuatnya cocok sebagai pengganti glukosa bagi penderita diabetes.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

buah markisa
Photo by ShengGeng Lin on Unsplash

Manfaat lain dari buah ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah memaksa tubuh terus menerus memproduksi insulin sehingga kolesterol LDL dan trigliserida terus meningkat. Nah, markisa dapat memberi efek hipoglikemik dalam tubuh sehingga tubuh tidak terus menerus memproduksi insulin.

4. Penambah Darah

buah markisa
Gambar oleh rawpixel dari Pixabay

Tak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol, manfaat unik buah markisa adalah mampu menjadi penambah darah pada para penderita anemia. Seseorang yang menderita anemia biasanya akan mudah kelelahan, berkunang-kunang, pusing, dan kulit menjadi pucat. Berbagai kandungan mineral dalam markisa, seperti kalium dan zinc dapat digunakan untuk menjaga produksi sel darah merah tetap stabil.

5. Menjaga Tekanan Darah

buah markisa
Gambar oleh rawpixel dari Pixabay

Karena kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol maupun menambah tekanan darah, markisa sangat cocok digunakan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dalam markisa yang dapat membantu merelaksasi dan meningkatkan aliran darah. Secara otomatis markisa mampu mendeteksi tugasnya dalam tubuh seseorang, apakah menaikkan, menurunkan, atau menstabilkan tekanan darah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

buah markisa
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Besarnya manfaat markisa untuk menjaga stabilitas tekanan darah, menjadikannya cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Jika seseorang memiliki tekanan darah dan kolesterol yang tinggi, ia akan lebih berpotensi mengalami pembentukan plak yang nantinya justru menghambat bekerjanya pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah markisa, kalian akan lebih terlindungi dari penyakit diabetes, kolesterol tinggi, juga hipertensi dimana semua penyakit tersebut sangat berbahaya pada kesehatan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

buah markisa
Photo by Elina Sazonova from Pexels

Buah markisa ternyata juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, lho! Kandungan serat yang cukup tinggi dalam markisa menjadikannya sumber serat baik bagi tubuh. Mengonsumsi markisa secara rutin dapat mengurangi potensi konstipasi atau sembelit pada tubuh kalian.

8. Cocok sebagai Diet

buah markisa
Photo by Rezel Apacionado on Unsplash

Markisa dipercaya mampu menjadi sahabat baik bagi orang yang sedang melakukan diet rendah lemak guna menurunkan berat badan. Meskipun belum ada studi mengenai hal ini, namun telah banyak orang yang menjadikan buah ini sebagai pendamping menu diet dibandingkan buah lain yang tinggi karbohidrat. Tak ada salahnya kalian yang sedang menjalankan program diet sehat juga mencoba berbagai olahan buah markisa ini.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

buah markisa
Gambar oleh lisa runnels dari Pixabay

Nah, manfaat lain yang tak kalah hebat dari buah markisa adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan kulit. Markisa adalah buah yang kaya akan antioksidan, yang mampu meningkatkan kompleksitas kulit. Kandungan antioksidan juga mampu membuat kulit terhindar dari masalah penuaan dini, kulit kering, hingga jerawat yang meradang.

Itulah beberapa manfaat hebat dari buah markisa. Bagi kalian yang ingin menjadikannya sebagai perawatan kulit, kalian bisa mencoba mengolah markisa menjadi masker alami. Selamat mencoba!

Leave a Reply