Nasi Jinggo, Kuliner Khas Bali Yang Murah Meriah

Nasi Jinggo adalah makanan khas Bali yang biasanya disajikan dengan pelengkap berupa suwiran daging ayam, potongan tempe yang diiris kecil, mie goreng, serundeng, sambal, dan bawang merah goreng. Makanan ini terkenal di masyarakat Bali dan pulau lain mengingat cita rasanya yang khas dan harganya yang sangat murah. Tidak hanya itu, menu satu ini memiliki beberapa keistimewaan lainnya, seperti:

  • Nasi yang digunakan sebagai bahan utama menu ini umumnya dipastikan terbuat dari beras berkualitas, sehingga menghasilkan nasi yang pulen dan wangi saat disantap.
  • Level pedas menu satu ini bisa disesuaikan dengan lidah penikmatnya.
  • Sejak dijual pada awal tahun 1980-an, menu nasi yang satu ini dianggap menu yang menyelamatkan para pedagang makanan dari kelaparan saat krisis ekonomi melanda.
  • Menu ini juga dianggap menu khas yang akan dicari oleh para wisatawan yang umumnya menjelajahi pulau Dewata saat malam hari. 

Seiring perkembangan ekonomi yang terjadi di Bali, menu makanan satu ini bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti:

Warung Diponegoro, Denpasar

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://www.tripzilla.id/

Berlokasi di Jalan Raya Sesetan Blok A/7, Denpasar Selatan, menu nasi Jinggo di tempat ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga mulai Rp 5.000,00. Menu khas Bali tersebut disajikan lengkap dengan irisan daging ayam, potongan telur setengah, mie goreng, kerupuk kacang, dan menu tambahan lainnya. Kamu bisa menikmati menu nasi satu ini langsung ditempat mulai jam 20.00 WITA hingga habis. 

Wikowi, Badung, Denpasar

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://www.tripzilla.id/

Kalau Kamu sedang berwisata ke daerah Badung, Bali dan ingin menikmati cita rasa nasi khas Bali ini, kamu bisa mencoba mendatangi daerah Benoa, Kuta Utara, Badung.  Warung Wikowi yang buka sejak pukul 18.00 WITA ini menyediakan nasi Jinggo dengan beragam varian menu tambahan, seperti suwiran ayam pedas, sambal kacang atau sambal bawang, telur balado atau telur rebus kecap, hingga mie goreng. Kamu juga bisa membuat nasi yang dibeli memiliki citarasa gurih dengan minta ditambahkan serundeng daging. Ketika Kamu membeli menu nasi jinggo di warung makan satu ini, kamu akan merasa senang karena seporsi nasi lengkap dengan lauk bisa didapat dengan harga mulai Rp 5.000,00. 

Warung Thamrin, Denpasar

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://www.tripzilla.id/

Satu lagi warung makan di Bali yang menyediakan nasi Jinggo enak yaitu warung Thamrin Denpasar. Warung makan yang terletak di Jl Thamrin No 67 Kota Denpasar, Bali ini buka sejak pukul 18.00 WITA hingga 00.00 WITA. Salah satu ciri khas menu nasi yang disediakan disini adalah varian nasi kuning, nasi gurih, dan nasi putih biasa yang dipadukan dengan aneka lauk. Menu tambahan yang bisa dipilih adalah suwiran ayam, suwiran telur dadar, mie goreng, serundeng, hingga sambal. Hanya dengan membayar mulai Rp 5.000,00, Kamu tentu tidak akan menyesal dengan cita rasa makanan yang didapatkan. 

Warung Pemogan, Denpasar

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://www.tripzilla.id/

Nasi Jinggo di tempat ini terkenal dengan tambahan sambal dari cabai hijau. Pilihan lauk sederhana, seperti daging ayam goreng, mie goreng, maupun telur dadar akan membuat Kamu merasa kenyang. Warung makan yang berlokasi di Jl Tukad Baru, Pemogan, Denpasar Selatan ini buka sejak pukul 20.00 WITA dan menunya bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 4.000,00 per bungkus.

Warung Simpangan

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://gletaholiday.files.wordpress.com/

Pecinta nasi Jinggo juga dapat menemukan menu satu ini di daerah Uluwatu tepatnya di Warung Simpangan. Disini, pengunjung yang datang bisa menikmati sebungkus nasi lengkap dengan lauk, seperti irisan dendeng daging sapi, suwiran ayam goreng, kacang goreng, serundeng, telur rebus, hingga orek tempe. Pilihan sambal yang ditambahkan di atas nasi tentunya akan menambah kenikmatan makan saat posisi nasi masih panas.  

Warung Sukreni 

nasi jinggo

Gambar Oleh: https://www.tripzilla.id/

Warung Sukreni yang berlokasi di Jl Kediri, Kuta, Badung ini buka sejak pagi dari jam 07.30 hingga jam 23.00 WITA. Dengan banyak cabang yang tersebar di area Kuta dan Badung, pemilik warung Sukreni menjual menu nasi jinggo dengan kisaran harga mulai Rp 4.000,00 per bungkus. Kamu bisa meminta aneka lauk dan sayuran, seperti oseng buncis, kering kentang, sambal goreng hati, telur rebus, mie goreng, suwiran ayam pedas, serundeng, dan masih banyak lagi menu lainnya. 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!