Penggunaan Know, Knew, Knows, Known, dan Knowing

Penggunaan: Know, Knew, Knows, Known, dan Knowing

Penggunaan “Know”

Penggunaan Know
Penggunaan Know

Definisi dan Fungsi

“Know” merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang mengungkapkan pengetahuan atau kesadaran tentang sesuatu. Penggunaannya sangat luas, mencakup pemahaman fakta, informasi, atau keterampilan yang diperoleh melalui pengalaman atau pendidikan.

Contoh Kalimat dan Situasi Penggunaan

  1. Pengetahuan Umum atau Fakta
    • “I know the capital of France is Paris.” (Saya tahu ibu kota Perancis adalah Paris.) Penggunaan ini menunjukkan pengetahuan tentang suatu fakta atau informasi.
  2. Pengalaman Pribadi
    • “I know how to swim because I took lessons last summer.” (Saya tahu cara berenang karena saya mengambil pelajaran musim panas lalu.) Di sini, “know” menunjukkan keterampilan atau pengalaman yang telah dipelajari.
  3. Pengenalan atau Kesadaran
    • “I know John; we’ve met several times at conferences.” (Saya kenal John; kami telah bertemu beberapa kali di konferensi.) Contoh ini menggunakan “know” untuk mengindikasikan pengenalan atau familiaritas dengan seseorang.
  4. Pemahaman Mendalam
    • “I know what you mean; it’s been a tough week for all of us.” (Saya mengerti apa yang Anda maksud; ini telah menjadi minggu yang berat bagi kita semua.) Dalam konteks ini, “know” digunakan untuk mengekspresikan empati atau pemahaman mendalam tentang situasi atau perasaan orang lain.

Situasi Penggunaan

  • Komunikasi Sehari-hari: Mengungkapkan pengetahuan atau kesadaran tentang berbagai topik.
  • Situasi Akademis atau Profesional: Menyatakan pemahaman tentang konsep-konsep tertentu atau keterampilan yang relevan.
  • Interaksi Sosial: Menunjukkan pengenalan terhadap orang lain atau membagikan pengalaman pribadi.

Pemahaman tentang cara menggunakan “know” secara tepat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan membantu dalam menyampaikan informasi atau emosi dengan lebih efektif.

Penggunaan “Knew”

Penggunaan Knew
Penggunaan Knew

Pengenalan “Knew”

“Knew” adalah bentuk past tense dari kata kerja “know,” yang digunakan untuk menyatakan pengetahuan atau kesadaran yang dimiliki seseorang di masa lalu. Ini menunjukkan bahwa subjek telah memahami, mengalami, atau sadar akan sesuatu sebelum waktu tertentu di masa lalu.

Contoh Kalimat dengan “Knew”

  1. Pengetahuan atau Fakta di Masa Lalu
    • “She knew all the state capitals when she was only six.” (Dia tahu semua ibu kota negara bagian ketika dia baru berusia enam tahun.) Contoh ini menunjukkan pengetahuan fakta yang dimiliki subjek di masa lalu.
  2. Pengalaman Pribadi
    • “I knew how to ride a bike before I started school.” (Saya tahu cara mengendarai sepeda sebelum saya mulai sekolah.) Di sini, “knew” mengacu pada keterampilan atau pengalaman yang telah diperoleh sebelum titik waktu tertentu di masa lalu.
  3. Pengenalan atau Kesadaran
    • “We knew each other well in high school, but lost touch after graduation.” (Kami saling mengenal dengan baik di sekolah menengah, tapi kehilangan kontak setelah lulus.) Kalimat ini menggunakan “knew” untuk menggambarkan pengenalan atau hubungan yang ada di masa lalu.
  4. Pemahaman Mendalam
    • “Before the discussion, I knew nothing about the topic.” (Sebelum diskusi, saya tidak tahu apa-apa tentang topik itu.) Penggunaan “knew” di sini menunjukkan ketiadaan pemahaman atau pengetahuan sebelumnya tentang sesuatu sebelum suatu kejadian.

Situasi Penggunaan

  • Menyatakan Pengetahuan Sebelumnya: “Knew” sering digunakan untuk membicarakan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki seseorang di masa lalu.
  • Menceritakan Pengalaman: Dalam bercerita atau mendeskripsikan peristiwa masa lalu, “knew” membantu menyampaikan apa yang telah dipahami atau dialami oleh subjek.
  • Menunjukkan Perubahan: “Knew” bisa digunakan untuk menekankan perbedaan antara apa yang dulu diketahui dengan apa yang diketahui sekarang.

Memahami penggunaan “knew” membantu dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan masa lalu dengan lebih akurat dan menarik, menambah kedalaman pada narasi atau diskusi tentang pengalaman dan pengetahuan.

Penggunaan “Knows”

Penggunaan Knows
Penggunaan Knows

Pengenalan “Knows”

“Knows” adalah bentuk ketiga orang tunggal present tense dari kata kerja “know,” digunakan untuk subjek he, she, atau it. Ini menunjukkan pengetahuan, kesadaran, atau pemahaman yang dimiliki oleh subjek pada saat sekarang.

Contoh Kalimat dengan “Knows”

  1. Pengetahuan Spesifik
    • “She knows the answer to the puzzle.” (Dia tahu jawaban dari teka-teki itu.) Contoh ini menunjukkan bahwa subjek memiliki pengetahuan spesifik pada saat ini.
  2. Keterampilan atau Kemampuan
    • “He knows how to fix cars.” (Dia tahu cara memperbaiki mobil.) Di sini, “knows” menunjukkan bahwa subjek memiliki keterampilan atau kemampuan tertentu.
  3. Pengenalan atau Kesadaran tentang Orang Lain
    • “The teacher knows each student’s potential.” (Guru itu tahu potensi setiap siswa.) Kalimat ini menggunakan “knows” untuk menunjukkan kesadaran atau pengenalan subjek terhadap orang lain.
  4. Pemahaman Mendalam
    • “The cat knows when it’s time to eat.” (Kucing itu tahu kapan waktunya untuk makan.) Contoh ini menunjukkan pemahaman atau kesadaran instingtif subjek tentang rutinitas sehari-hari.

Situasi Penggunaan

  • Mengungkapkan Fakta atau Kebenaran Saat Ini: “Knows” sering digunakan untuk menunjukkan pengetahuan atau fakta yang dimiliki seseorang saat ini.
  • Menyatakan Keterampilan yang Dimiliki: Digunakan untuk menekankan kemampuan atau keterampilan yang diketahui oleh subjek.
  • Menggambarkan Kesadaran atau Insting: “Knows” juga bisa mengungkapkan pemahaman intuitif atau kesadaran tentang sesuatu.

Penggunaan “knows” dengan tepat memungkinkan pembicara atau penulis untuk secara akurat menyampaikan informasi tentang pengetahuan atau pemahaman subjek dalam waktu sekarang, memberikan kedalaman dan nuansa kepada komunikasi.

Penggunaan “Known”

Penggunaan Known
Penggunaan Known

Pengenalan “Known”

“Known” adalah bentuk past participle dari kata kerja “know,” yang digunakan dalam berbagai struktur gramatikal, termasuk sebagai adjective atau dalam kalimat pasif. Ini mengindikasikan pengetahuan atau keadaan yang diakui secara luas atau telah terbukti sebelumnya.

Contoh Kalimat dengan “Known”

  1. Sebagai Adjective
    • “Albert Einstein is a known physicist for his theory of relativity.” (Albert Einstein adalah fisikawan yang dikenal karena teorinya tentang relativitas.) Di sini, “known” digunakan sebagai adjective untuk mendeskripsikan subjek yang terkenal atau diakui.
  2. Dalam Kalimat Pasif
    • “The solution to the problem has been known for decades.” (Solusi untuk masalah tersebut telah diketahui selama beberapa dekade.) Contoh ini menunjukkan penggunaan “known” dalam struktur kalimat pasif, menekankan pengetahuan yang telah ada.
  3. Menunjukkan Kepemilikan atau Keterkaitan
    • “This area is known for its beautiful beaches.” (Area ini dikenal karena pantainya yang indah.) Penggunaan “known” di sini menunjukkan karakteristik atau kualitas yang dihubungkan dengan subjek.
  4. Pengetahuan Umum atau Fakta
    • “It is well known that bees play a critical role in pollination.” (Sudah diketahui umum bahwa lebah memainkan peran kritis dalam penyerbukan.) “Known” digunakan untuk menyatakan pengetahuan atau fakta yang luas diakui.

Situasi Penggunaan

  • Menggambarkan Pengakuan atau Reputasi: “Known” sering digunakan untuk menunjukkan status atau reputasi subjek dalam konteks tertentu.
  • Menyampaikan Pengetahuan yang Telah Ada: Digunakan dalam diskusi tentang pengetahuan atau fakta yang telah lama diakui atau diketahui oleh masyarakat.
  • Menghubungkan Karakteristik dengan Subjek: “Known” membantu dalam mengidentifikasi atau menyoroti karakteristik spesifik yang terkait dengan subjek atau lokasi.

Pemahaman terhadap penggunaan “known” memperkaya kemampuan komunikasi dengan memungkinkan seseorang untuk secara efektif menyampaikan pengetahuan yang diakui, reputasi, atau fakta yang telah terbukti, memberikan kedalaman lebih pada informasi yang disampaikan.

Penggunaan “Knowing”

Penggunaan Knowing
Penggunaan Knowing

Pengenalan “Knowing”

“Knowing” merupakan bentuk gerund atau present participle dari kata kerja “know,” yang digunakan untuk menyatakan keadaan atau proses memahami, menyadari, atau memiliki pengetahuan. Bentuk ini sering ditemukan dalam kalimat yang menggambarkan perasaan, sensasi, atau pengalaman yang terkait dengan pengetahuan.

Contoh Kalimat dengan “Knowing”

  1. Sebagai Gerund
    • “Knowing the truth set him free.” (Mengetahui kebenaran membebaskannya.) Di sini, “knowing” berfungsi sebagai subjek dari kalimat, menunjukkan proses atau pentingnya memahami kebenaran.
  2. Sebagai Present Participle
    • “She walked into the meeting, knowing she had all the answers.” (Dia masuk ke dalam rapat, mengetahui bahwa dia memiliki semua jawaban.) Contoh ini menggunakan “knowing” untuk menggambarkan keadaan subjek yang sudah memahami atau memiliki pengetahuan tertentu.
  3. Mengungkapkan Perasaan atau Kesadaran
    • “There’s a comfort in knowing you’re not alone.” (Ada kenyamanan dalam mengetahui bahwa kamu tidak sendirian.) “Knowing” digunakan untuk menyatakan sensasi atau perasaan yang berasal dari pengetahuan atau kesadaran.
  4. Dalam Frasa atau Ungkapan
    • “The project is progressing, with the team knowing what needs to be done next.” (Proyek itu berlangsung, dengan tim yang mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.) Penggunaan “knowing” di sini menekankan pemahaman kolektif atau kesadaran tentang tindakan yang perlu diambil.

Situasi Penggunaan

  • Menyatakan Proses Pengetahuan: “Knowing” sering digunakan untuk menekankan proses memahami atau menjadi sadar akan sesuatu.
  • Menggambarkan Keadaan Berpengetahuan: Digunakan untuk memperlihatkan kondisi di mana seseorang memiliki pengetahuan atau kesadaran tentang situasi tertentu.
  • Menunjukkan Dampak Pengetahuan: “Knowing” bisa menyoroti bagaimana pengetahuan atau kesadaran mempengaruhi perasaan, tindakan, atau keputusan seseorang.

Menggunakan “knowing” dengan tepat dapat memberikan nuansa mendalam tentang pengalaman internal atau pengetahuan seseorang, memperkaya cara kita menyampaikan pengertian tentang proses berpikir dan perasaan.

Latihan dan Kuis

Latihan dan Kuis
Latihan dan Kuis

Setelah mempelajari penggunaan berbagai bentuk dari kata kerja “know,” saatnya untuk menguji pemahaman Anda dengan latihan dan kuis. Ini akan membantu memperkuat pengetahuan Anda dan memberikan praktik langsung dalam menggunakan “know, knew, knows, known, dan knowing” dalam konteks yang berbeda.

Latihan 1: Isilah Kalimat

Isilah kalimat berikut dengan bentuk yang tepat dari “know”:

  1. I _______ (know) him when we were in college, but we haven’t kept in touch.
  2. She _______ (know) exactly what to say to make everyone feel better.
  3. It is _______ (know) that this monument dates back to the 15th century.
  4. By the time you receive this letter, I _______ (know) the results of the test.
  5. _______ (know) the truth can sometimes be more difficult than remaining ignorant.

Latihan 2: Pilihlah Jawaban yang Tepat

Pilihlah bentuk “know” yang tepat untuk mengisi kalimat-kalimat di bawah ini:

  1. He always _______ how to solve complex math problems. a) knows b) knew c) knowing
  2. The recipe for this dish has been _______ by generations in my family. a) know b) knows c) known
  3. _______ that I have your support makes all the difference. a) Knowing b) Knows c) Knew
  4. I _______ her as a child, but we have drifted apart over the years. a) know b) knew c) knows
  5. The artist is well _______ for his innovative use of colors. a) know b) knew c) known

Kuis Singkat

  1. Mana yang merupakan bentuk past tense dari “know”? a) Knows b) Knew c) Knowing
  2. “_______ for its historical landmarks, the city attracts tourists from all over the world.” Mana yang mengisi bagian kosong dengan benar? a) Know b) Known c) Knowing
  3. Mana yang merupakan gerund dari “know”? a) Knows b) Knew c) Knowing

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas untuk menguji pemahaman Anda tentang penggunaan “know” dalam berbagai bentuknya. Setelah menyelesaikan latihan dan kuis, Anda akan lebih percaya diri dalam menggunakan kata kerja ini dalam komunikasi sehari-hari Anda.

Kesimpulan

Melalui latihan dan kuis ini, Anda dapat mengasah pemahaman Anda tentang penggunaan “know” dalam berbagai bentuknya. Penguasaan atas kata kerja ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, baik dalam konteks formal maupun informal.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *