penemu bola voli

Penemu Bola Voli dan Sejarah Singkat Olahraga yang Menyenangkan Ini

Beli Buku Komik Next G Yuk!

Tokoh Penemu Bola Voli

Bola voli, olahraga yang dicintai jutaan orang di seluruh dunia, diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Morgan, seorang direktur pendidikan fisik di YMCA di Holyoke, Massachusetts, AS, ingin menciptakan permainan yang menggabungkan elemen basket, bisbol, tenis, dan handball. Tujuannya adalah untuk menciptakan olahraga yang kurang menuntut fisik daripada basket untuk orang tua. Ia mengenalkan permainan ini dengan nama “mintonette”. Nama “volleyball” muncul kemudian, menekankan pada aksi ‘volley’ atau memantulkan bola di udara.

Sejarah Bola Voli

Sejarah bola voli dimulai di YMCA tetapi dengan cepat menyebar ke berbagai bagian dunia. Pada tahun 1900, bola khusus untuk permainan ini telah diciptakan. Permainan ini juga menjadi populer di luar AS, terutama di Asia. Bola voli diresmikan sebagai olahraga Olimpiade pada tahun 1964 di Tokyo, yang menandai peningkatan signifikan dalam popularitas dan pengakuan internasional olahraga ini.

Perkembangan Bola Voli Saat Ini

Bola voli saat ini bukan hanya olahraga rekreasi tetapi juga kompetisi profesional. Dengan adanya liga profesional dan turnamen internasional, seperti Piala Dunia Bola Voli dan Kejuaraan Dunia FIVB, olahraga ini menarik banyak atlet dan penggemar. Perkembangan terbaru termasuk popularitas bola voli pantai, yang juga menjadi bagian dari Olimpiade, dan variasi indoor seperti bola voli duduk, yang populer di kalangan atlet difabel.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *